Selasa, 31 Januari 2012

Pondasi Retak, Jembatan Tugu Soeharto Ditutup

EMARANG, suaramerdeka.com - Jembatan Tugu Suharto yang menghubungkan Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur dan Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Gunungpati mulai Selasa (31/1) ditutup baik untuk kendaraan roda dua maupun pejalan kaki. Pasalnya, pondasi di sisi barat mengalami keretakan setelah tanah di sekitarnya tergerus pertemuan aliran sungai Kaligarang dan Kali Kreo Senin (30/1) sekitar pukul 20.00.
Hal itu diketahui oleh para pekerja PT Wijaya Karya yang sedang melakukan proyek normalisasi sungai. Karena membahayakan baik bagi para pekerja maupun masyarakat yang melintas, Humas PT Wijaya Karya pun melaporkan kejadian itu kepada Dinas Bina Marga Kota Semarang.
"Senin malam, saya langsung melakukan pengecekan. Ternyata tanah di bagian bawah pondasi longsor dan mengakibatkan pondasi atau tiang penyangga jembatan mengalami keretakan, sehingga, jembatan ini harus ditutup. Selain agar aman, proyek normalisasi juga tidak terganggu karena hilir mudik truk pengangkut material," papar Humas PT Wijaya Karya Yan Suwarno Putra, saat ditemui di lokasi proyek, Selasa (31/1).
Usai mendapat laporan, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Kota Semarang H Mochammad Solichin ST MM didampingi beberapa staf dan Lurah Bendan Duwur langsung melakukan pengecekan ke lokasi.
"Karena kondisi sangat membahayakan, mulai hari ini jembatan kita tutup, baik untuk pengendara sepeda motor maupun pejalan kaki. Saya minta kepada PT Wijaya Karya agar memasang palang dari besi, agar tidak ada warga yang nekat melintas," ujar Solichin.
Menurut dia, jembatan gantung dengan panjang 60 meter itu mulai April akan dibongkar dan diganti dengan jembatan beton yang lebih permanen dengan lebar sekitar tiga meter. Pembuatan jembatan baru dengan anggaran sekitar Rp 4 miliar itu, kata Solichin, saat ini sedang dalam proses lelang.
"Penutupan jembatan ini kita lakukan sampai jembatan baru selesai dikerjakan. Mohon kepada masyarakat untuk menyadari keselamatannya. Untuk warga yang ingin ke Kalipancur atau Bendan Duwur, bisa melalui Jalan Dewi Sartika atau lewat Jalan Simongan,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar