Selasa, 31 Januari 2012

Siswa Pindahan Tak Bisa Ikut Jalur Undangan

SOLO- Siswa SMA sederajad yang pernah pindah sekolah pada tiga semester akhir, yakni III, IV, dan V tertutup kemungkinan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan.

Meskipun mereka memiliki nilai baik dan konsisten di tiga semester tersebut sebagaimana yang telah disyaratkan. ”Panitia akan kesulitan mengecek data grade sekolah siswa yang melakukan pindah. Apalagi pindahnya di tiga semester itu (III-V). Siswa pindahan tidak bisa,” kata Pembantu Rektor I UNS Prof Sutarno saat jumpa pers di ruang kerjanya, Selasa (31/1).

Sesuai aturan, siswa yang akan mendaftar di SNMPTN jalur undangan memiliki nilai yang konsisten berdasarkan perankingan yang dilakukan sekolah. Aturan ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sebelumnya, konsistensi nilai berdasarkan semester I-V, namun tahun ini hanya III-V.

Tiga semester terakhir itulah yang sangat menentukan, sementara dua semester awal siswa dinilai masih dalam tahap penyesuaian. Pemeringkatan dilakukan sesuai jurusan berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN 2012.
Dua Prodi

Kuota mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret Surakarta yang akan diterima pada SNMPTN tahun ini sebanyak 5.290. Dari kuota itu, 18,8% atau 996 mahasiswa diambil dari jalur undangan. Lalu 49,5% atau 2.620 dari ujian tertulis dan sisanya dari jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) mandiri.

Siswa jalur undangan dapat memilih  dua program studi di dua PTN yang diminati. Menjelang pendaftaran dibuka 1 Februari, Humas Panlok 44 UNS Drs Tundjung W Sutirto MSi mengatakan, banyak kepala sekolah yang belum login. Mereka baru melakukan setelah ada desakan dari siswa yang akan mendaftar melalui jalur ini. (H81-37)
(/)

7 komentar:

  1. Jqdi klu mau pindahan kls 10 semester genap , apakah masih bisa dapat jalur undangan kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kan kamu pindahnya diitung masih semester 2 jadi masih boleh

      Hapus
  2. Jdi kalau pindah kelas 11 ga bsa ikut dong kk?

    BalasHapus
  3. Kalo pindah kelas 11semester 2 itu gimana ka masih bisa ngga

    BalasHapus
  4. Jadi kalo pindah kelas 11 semester 2 masih bisa ngga ka atau udah ngga bisa pake snptn

    BalasHapus
  5. Ka kalau aku pindah sekolah dari sma negeri ke homescholling lalu ke sma swasta tapi di semester 1 semua , apa masih bisa snmptn?

    BalasHapus